• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Blogger news

LOOP atau Perulangan Pada PHP

 on Senin, 23 April 2012  

LOOP atau Perulangan Pada PHP

Loop merupakan proses eksekusi operasi program secara berulang-ulang sampai ditemui kondisi atau batasan untuk mengakhiri eksekusi tersebut. Pada umumnya, loop berisi kode atau kumpulan kode yang akan diproses berulang-ulang. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menulis ulang sebuah perintah sebanyak pengulangan yang diinginkan. Karena proses terjadi berulang-ulang, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai dasar dari suatu proses loop. Pertama, menentuukan kapan dimulainya suatu pengulangan dan kapan suatu prose perulangan itu harus diakhiri. Kedua, berapa step yang dibutuhkan untuk suatu proses perulangan, step dalam proses perulangan dapat bernilai positif atau negatife.

1. FOR
Perulangan FOR berfungsi untuk mengulangi perintah dengan jumlah perulangan yang sudah diketahui. Pada perintah ini, Anda tidak perlu menuliskan sebuah kondisi untuk diuji. Anda hanya menuliskan nilai awal dan akhir variabel perhitungan. Nilai ini akan bertambah dan berkurang secara otomatis setiap kali melaksanakan sebuah pengulanga.


Simpan ke local disk C-xampp-htdocs-xampp dengan nama perulangan1.php dan kemudian jalankan program, hasilnya seperti dibawah ini :


Berbeda dengan kondisi sebelumnya, ketika variabel dideklarasikan dengan suatu nilai. Untuk perulangan/looping, justru variabel merupakan proses dari suatu statement yang nantinya akan ditampilkan, seperti penggalan skrip berikut:


variabel $n dideklarasikan terlebih dahulu dengan range tertentu dengan $n++. Nilai n yang akan ditampilkan antara 1 sampai 18. Setelah menentukan perulangan yang akan dijalankan oleh variabel $n, statement $n digunakan untuk menampilkan proses looping tersebut.


Setelah $n dideklarasikan dan diberi range untuk proses looping dengan perintah $n, maka server akan memrosesnya untuk menampilkankannya pada browser.

2. FOREACH
Foreach adalah perintah yang digunakan untuk melakukan iterasi melalui suatu array dengan mudah.


Simpan ditempat yang sama seperti diatas dan beri nama perulangan2.php, kemudian jalankan hasilnya seperti dibawah ini :


3. WHILE
Perulangan while merupakan yang paling sederhana dalam PHP.


Keterangan :
a. Nilai_awal : nilai awal dari variabel yang digunakan.
b. Staatement : kondisi yang akan membatasi perulangan.
c. Jumlah : penambahan atau pengurangan nilai variabel, sehingga nilai variabel yang akan digunakan akan terus berjalan.

Pada While, PHP mengeksekusi pernyataan-pernyataan bersarang (nested statement(s)) berulang-ulang, dengan ketentuan bahwa ekspresi yang dievaluasi bernilai benar (true). Nilai ekspresi tersebut adalah salah (false) sejak awal, maka pernyataan-pernyataan bersarang tersebut tidak akan dijalankan meskipun hanya sekali.


Simpan ditempat yang sama seperti diatas dan beri nama perulangan3.php, kemudian jalankan hasilnya seperti dibawah ini :



4. DO..WHILE
Pada dasarnya, bentuk perulangan do…while dengan while hamper sama. Perbedaannya terletak pada eksekusi operasi program. Pada pernyataan while, maka persyaratan terlebih dahulu diperiksa. Jika persyaratan bernilai true, maka proses eksekusi dapat dijalankan, tetapi pada proses do…while, operasi program dieksekusi terlebih dahulu kemudian persyaratannya diperiksa. Jika persyaratannya bernilai true, maka loop/perulangan akan terus dijalankan, perulangan hanya akan berhenti jika proses memiliki hasil false. Oleh karenanya, operasi program minimal dapat dieksekusi sekali.



Keterangan :
a. Nilai_awal : merupakan nilai awal variabel
b. Statement : statement kondisi yang membatasi perulangan atau looping.
c. Jumlah : merupakan penambahan atau pengurangan nialai suatu variabel agar perulangan tetap berjalan.



Simpan ditempat yang sama seperti diatas dan beri nama perulangan4.php, kemudian jalankan hasilnya seperti dibawah ini :


5. BREAK
Prose looping atau perulangan pada PHP memiliki statement Break, yang digunakan untuk menghentikan suatu proses For, While, dan Do-While. Statement break juga menerima argumen yang dapat berupa bilangan numerik.


Simpan ditempat yang sama seperti diatas dan beri nama perulangan5.php, kemudian jalankan hasilnya seperti dibawah ini :


6. CONTINUE
Perintah loopig atau perulangan selanjutnya adalah Continue, yang digunakan untuk mengarahkan atau melewati eksekusi program dalam satu putaran atau iterasi ke proses perulangan selanjutnya pada loop sejenis.


Simpan ditempat yang sama seperti diatas dan beri nama perulangan5.php, kemudian jalankan hasilnya seperti dibawah ini :




LOOP atau Perulangan Pada PHP 4.5 5 Edi Susilo Senin, 23 April 2012 LOOP atau Perulangan Pada PHP Loop merupakan proses eksekusi operasi program secara berulang-ulang sampai ditemui kondisi atau batasan untuk...


3 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog
    My Campus

    BalasHapus
  3. Bagus Artikelnya, Saya baru tau bahwa ada namanya perlulangan Foreach. Terima kasih dengan ilmu barunya kak. Perkenalkan nama saya Muhamad Asfarezhan, Nim saya 1922500056 dari ISB Atma Luhur Kota Pangkalpinang,ini situs website kami www.atmaluhur.ac.id terima kasih ya kak dan terus membuat artikel yang bermanfaat.

    BalasHapus

J-Theme