• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Blogger news

Percabangan Pada PHP

 on Senin, 23 April 2012  

Percabangan Pada PHP

Percabangan – sering disebut dengan istilah decision making. Memungkinkan aplikasi untuk memeriksa isi suatu variabel atau hasil perhitungan ekspresi dan mengambil tindakan yang sesuai. Ada dua jenis percabangan yang dipilih berdasarkan criteria pemeriksaan dan jumlah pilihan yang tersedia. Bentuk ini mempunyai nialai true dan false.

1. Struktur IF


2. Struktur If-Else


Keterengan :
Langkah 1, kondisi akan diperiksa.
Langkah 2, bila bernilai true, maka statement 1 akan dikerjakan.
Langkah 3, bilai bernilai false, maka statement 2 akan dikerjakan.
Langkah 4, langkah 3 dijalankan.

3. Struktur If-Elseif-Else


Keterangan :
a. Jika kondisi 1 bernilai true, maka :
Statement 1 dijalankan
Statement 4 dijalankan
b. Apabila kondisi 2 bernilai true, maka :
Statement 2 dijalankan
Statement 4 dijalankan
c. Apabila kondisi 1 dan kondisi 2 bernilai false, maka :
Statement 3 dijalankan
Statement 4 dijalankan


Simpan ke Local disk C-xampp-htdocs-xampp dengan nama program1.php setelah dijalankan hasil outputnya adalah dibawah ini :


Program tersebut menunjukkan bahwa if…else kali ini memiliki dua buah kondisi atau bisa dikatakan if jamak. Pada kondisi tertentu, bukan statement kedua yang dijalankan, melainkan server akan memanggil kondisi berikutnya. Perhatikan penggalan skrip berikut :


Penggalan skrip tersebut menunjukkan bahwa dengan kondisi $Nilai > 7, maka akan muncul statement “Anda Lulus”. Namun demikian, akan berbeda apabila Anda memasukkan kondisi lain jika kondisi pertama tidak terpenuhi “else if ($Nilai>=5)”, dapat dilihat dengan kondisi $Nilai>=5, maka “Anda Harus Mengulang”.


Pada penggalan skrip tersebut merupakan penggunaan kondisi kedua sebagai alternatif jika kondisi pertama tidak terpenuhi. Dengan memberikan range antara 5 <= $Nilai >=7, maka statement kedua akan dipanggil “Anda Harus Megulang”. Setelah kedua kondisi tersebut tidak terpenuhi, maka statement ketiga yang akan dipanggil “Anda Tidak Akan Lulus”.

4. Struktur Switch…Case
Switch Case digunakan sebagai alternatif dari struktur if…else; dengan else lebih dari satu. Dengan statement ini, program akan semakin muda dibuat karena peran switch digunakan pada saat ditemukannya suatu masalah dan membandingkan suatu variabel dengan berbagai nilai. Struktur switch case sangat cocok digunakan untuk kondisi logika yang memiliki nilai-nilai pasti dalam logika tersebut.


Keterangan :
a. Variabel n diperiksa.
b. Statement dieksekusi
n == 1, statement 1 dijalankan.
n == 2, statement 2 dijalankan.
n == 3, statement 3 dijalankan.
n tidak memenuhi 2n-2o, statement 4 dijalankan.
c. Statement 5 dijalankan.



Simpan difolder yang sama seperti diatas dengan nama program2.php, setelah dijalankan hasil outputnya adalah dibawah ini :


Penggunaan switch case pada program tersebut digunakan untuk mencari keterangan dari suatu nilai dari variabel $nilaihuruf. Nilai dalam $nilaihuruf adalah “B”. perhatikan penggalan skrip berikut ini :



Server akan membaca skrip $nilaihuruf = (“B”), jika salah satu case $nilaihuruf = (“B”), maka bernilai true dan statement dijalankan. Jikaa bernilai false, maka system akan berhenti (break;) kembali ke kondisi pertama, kemudian ke statement berikutnya atau kedua akan dijalankan. SWITCH CASE akan berjalan terus sampai kondisi terpenuhi true.

Percabangan Pada PHP 4.5 5 Edi Susilo Senin, 23 April 2012 Percabangan Pada PHP Percabangan – sering disebut dengan istilah decision making. Memungkinkan aplikasi untuk memeriksa isi suatu variabel a...


2 komentar:

  1. Hai kak, terimakasih ya kak artikelnya sangat membantu untuk saya yang baru belajar pencabangan dan pengulangan pada php, materi yang disampaikan juga sangat mudah untuk dipahami. Semangat terus ya kak untuk membuat artikelnya. Sukses terus kak.. Perkenalkan nama saya Sintia dan Nim saya 1922500186 dan link Web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih Kak Website ini sangat bermanfaat untuk saya dengan penjelasannya. Saya merasa senang dapat ilmu tentang Menggunakan percabangan dan perulangan pada dokumen PHP. Materi yang disampaikan oleh kakak sangat mudah dimengerti. trus webnya bagus,sangat jelas, sangat lengkap dengan penjelasannya serta gambar kodingnya & mudah di pahami terus berkreasi kak .
    Salam kenal kak nama saya Wiranto(Si2K), kunjungi juga dong website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

J-Theme